Pekalongan, Kamis 09 Februari 2023. Dalam rangka pencapaian IKU-PTNBH Universitas Diponegoro pada indicator Kerjasama dengan stakeholder institusi Kesehatan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan. Penjajakan dilakukan oleh Pengelola Program Studi MKM melalui kunjungan ke Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Pekalongan pada tanggal 09 Februari 2023.
Kunjungan yang pertama dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, dalam kunjungan tersebut ditemui langsung oleh Kepala Dinkes Kota Pekalongan Dr. Slamet Budiyanto, SKM. M.Kes beserta beberapa staf. Beliau merupakan alumni dari program studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (saat ini berubah nama menjadi Magister Kesehatan Masyarakat). Dalam kunjungan tersebut pengelola MKM menyampaikan bentuk-bentuk Kerjasama di bidang Pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa, dosen maupun pihak dinas Kesehatan dan dalam rangka memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, pengelola menyampaikan ada pembukaan mahasiswa baru yang dimulai pada bulan februari sampai dengan bulan juni. Pengelola berharap staf Dinkes Kota Pekalongan dapat mendaftar menjadi mahasiswa pada Program studi MKM FKM Undip baik melalui jalur umum maupun Kerjasama. Hal tersebut ditanggapi positif dari pihak Dinkes Kota Pekalongan, bahkan Kepala Dinkes Kota Pekalongan menyampaikan sangat memungkinkan adanya Kerjasama di bidang Tri Dharma tersebut dan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia dengan melanjutkan studi ke jenjang magister. Pada akhir pertemuan direncanakan adanya tindaklanjut untuk mewujudkan bentuk Kerjasama kedua belah pihak melalui Memorandum of Understanding (MoU).
Perjalanan selanjutnya adalah mengunjungi Dinas Kesehatan Kabupaten Pekolangan, dalam kunjungan tersebut ditemui langsung oleh Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro, SKM. M. Kes beserta staf. Beliau juga merupakan alumni dari program studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat. Dalam kunjungan tersebut Pengelola juga menyampaikan tentang bentuk-bentuk kerjasama sampai dengan berkaitan tentang kesempatan untuk meningkatan sumber daya manusia dengan melanjutkan studi ke jenjang magister untuk staf Dinkes Kabupaten Pekalongan.