Tembalang,Semarang-Kamis, 22/12/2022. Kegiatan praktek kerja lapangan ( PKL) bagi mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat konsentrasi Administrasi Rumah Sakit (ARS) di rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan pencapaian kompetensi lulusan agar siap pakai dalam mengelola rumah sakit. Secara khusus, setelah mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan (PKL), mahasiswa MKM konsentrasi ARS diharapkan :
a. Mampu menjelaskan struktur organisasi dan tugas pokok sesuai SOTK rumah sakit lokasi PKL
b. Mampu menjabarkan jenis layanan rumah sakit, proses penyelenggaraan pelayanan dan hubungan kerja yang dilakukan di unit rawat jalan, unit rawat inap, IGD maupun unit-unit penunjang layanan pasien rumah sakit (seperti instalasi laboratorium, radiologi, gizi, rekam medik, CSSD, IPSRS)
c. Mampu menjabarkan tugas pokok dan fungsi dari bidang/ bagian penunjang layanan manajerial (seperti direksi, Administrasi dan keuangan, pengembangan SDM, diklat) begitu juga berbagai komite yang dibentuk rumah sakit untuk tujuan tertentu (antara lain komite mutu dan keselamatan pasien, komite medik, komite keperawatan) dalam suatu sistem layanan rumah sakit lokasi PKL.
d. Mampu mengidentifikasi sumber daya (man, money, material method/ management) untuk menyelenggarakan pelayanan rumah sakit lokasi PKL.
e. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah manajerial/ pengelolaan rumah sakit pada salah satu unit kerja di rumah sakit lokasi PKL
f. Mampu menganalisis alternatif pemecahan masalah dan menganalisis prioritas pemecahan masalah manajerial/ pengelolaan rumah sakit pada salah satu unit kerja di rumah sakit lokasi PKL.
Pada periode PKL ini mahasiwa melakukan PKL selama 4 minggu dan dibebaskan memilih tempat PKL namun sesuai dengan pedoman PKL yang sudah ditetapkan oleh Prodi MKM Undip yaitu rumah sakit tipe A, B, C, D baik rumah sakit pemerintah maupun swasta.
Dalam rangka melihat proses PKL yang telah dilakukan mahasiswa maka perlu dilakukan monitoring oleh Prodi MKM. Dalam monitoring bertujuan mengetahui kegiatan PKL yang telah dilakukan mahasiswa dan kendala yang dialami selama melaksanakan PKL.Monitoring dilakukan kegiatan dilakukan melalui pengisian angket oleh mahasiswa melalui aplikasi google form pada tanggal 19 Desember 2022 dan pertemuan secara online pada tanggal 22 Desember 2022.
Berdasarkan hasil monitoring melalui angket diperoleh informasi mahasiswa sudah melaksanakan kegiatan PKL sesuai pedoman,namun belum semua tujuan PKL selesai dikerjakan ( 80-100%) . Beberapa alasan kendala saat PKL yaitu rumah sakit yang dituju sedang melaksanakan akreditasi, pelaksanaan magang sambil bekerja, perubahan materi praktik mengikuti jadwal rumah sakit dan pembimbing lapangan tempat PKL
Pada sesi akhir pelaksanaan monitoring diperoleh kesimpulan antara lain kegiatan PKL bukan hanya melakukan observasi dan wawancara namun juga praktik kerja sesuai tujuan PKL.
Penulis : Cahya Tri Purnami – MKM FKM Universitas Diponegoro.